Home Politik Daftar Pemilih Pilgub 2018 Harus Diawasi, Ini Sebabnya

Daftar Pemilih Pilgub 2018 Harus Diawasi, Ini Sebabnya

SHARE
Pemilih Pilgub 2018
Istimewa/Wartapati. PPS desa/kecamatan Dukuhseti tempel Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilgub Jateng 2018 di tempat strategis, Minggu (25/3/2018).

Wartapati.com Dukuhseti – KPU Pati mengimbau agar warga yang memiliki hak pilih menceramti daftar nama yang tertulis dalam lembar Daftar Pemilih Sementara (DPS). Hal itu unutk memastikan bahwa namanya sidah tercantum atau belum menjadi pemilih di Pilgub Jateng 2018.

Pihak KPU Pati sendiri sudah mengumumkan DPS di 2.337 Tempat Pemungutan Suara (TPS), selain Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah di validasi.

Baca juga: Pick Up Oleng, Supir Tewas Di Pantura Juwana

“Pengumuman ini dilakukan dengan cara menempel cetakan DPS di kantor balai desa dan tempat-tempat strategis lainnya. Tentu yang lebih mendekatkan pada pemilih di tiap-tiap TPS. Kita mengerahkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 406 desa dan kelurahan di seluruh Pati untuk melakukan pengumuman ini,” ujar Jukari, Minggu (25/03).

Menempelkan DPS ditempat yang mudah dijangkau, kata Komisioner bidang Perencanaan dan Data (Rendata), diharapkan masyarakat turt mencermati dan memastikan nama pemilih yang ada di DPS.,

“Hal ini untuk memastikan apakah nama dan keluarganya telah terdaftar sebagai pemilih. Sekaligus menginformasikan apabila ada perkembangan terkait pemilih yang sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih karena alasan tertentu,” sambungnya.

Jika ada pemilih yang belum tercantum dalam DPS, maka Panitia Pemungutan Suara (PPS) wajib memasukan ke dalam Daftar Pemilih. Namun hal sebaliknya juga berlaku bagi pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang disebabkan meninggal dunia, terdaftar ganda, pindah domisili, berubah status atau sebab lain, maka PPS mencoret dari daftar pemilih.

“Untuk itu kita juga akan menggelar Uji Publik yang bakal kita laksanakan secara serentak pada 27 Maret besok. Yaitu dengan mengundang tokoh masyarakat, tim kampanye hingga Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di masing-masing desa dan kelurahan. Segala bentuk perbaikan baik pemilih baru, TMS maupun perubahan data, PPS akan langsung memperbaiki data dimaksud. Dan nantinya dituangkan melalui formulir A.1.A-KWK,” jelas Jukari.

Baca juga: Dua Perusahan Perikanan Besar Di Pati Bakal Berdiri Tahun 2018

Diketahui, dari hasil pemutakhiran data di Pati berkjumlah 1.028.454 jiwa, meliputi 505.438 pemilih laki-laki dan 523.016 pemilih perempua

n yang tercantum dalam pengumuman DPS. Setelah tahapan Uji Publik dan perbaikan, selanjutnya KPU Pati segera menetapkan jumlah tersebut menjadi Daftar Pemilih Tetap. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.