Home Info Pati Cabut Duri Perkaya Olahan Bandeng Asal Juwana Pati

Cabut Duri Perkaya Olahan Bandeng Asal Juwana Pati

Wartapati.com Pati – Ikan bandeng kerap disebut oleh-oleh khas Semarang. Namun siapa tahu jika ikan bandeng adalah satu ikon dari Kecamatan Juwana Pati, guna meningkatkan nilai tambah, kelompok warga Asal Desa Genengmulyo Juwana ikuti pelatihan cabut duri bandeng.

Sedikitnya ada 10 warga yang tergabung dalam kelompok pelatihan cabut duri yang berlokasi di balai desa setempat, Senin siang (15/4/2019). Mereka mendapat pembekalan dari Permodalan Nasional Madani (PNM) yang bekerja sama dengan satu perusahaan asuransi.

Selain lebih mengenalkan bahwa bandeng adalah khas Pati, pelatihan cabut duri ini bermanfaat bagi peserta guna meningkatkan nilai tambah pada ikan jenis air payau ini.
Pimpinan cabang PNM Pati Dodik Dwi Ersana menuturkan potensi lokal berupa bandeng ini berpeluang sekali mendongkrak perekonomian kota bumi mina tani.

“PNM ingin mengangkat bahwa bandeng Pati Juwana memang khas Pati. Karena selama ini saya lihat dan mendengar itu adanya di Semarang itu memang lingkupnya provinsi. Namun kita ingin mengangkat bandeng bahwa khas Pati,” paparnya.

Pelatihan cabut duri bandeng ini merupakan inovasi dari teknik sebelumnya, yakni duri akan lebih bersih terutama pada bagian ekor.
Tak berhenti disini saja, PNM juga membekali peserta dengan pelatihan mengelola pembukuan usaha dari pengolahan bandeng.

“Jadi program berkesinambungan, selain dengan Askrindo ada dari lain, saya ajak kelompok ini seperti marketing online atau pameran-pameran kita ajak agar mengangkat bandeng adalah khas Juwana Pati,” imbuh pimpinan cabang PNM Pati.
Satu peserta Umbar menuturkan metode cabut duri dari PNM dirasa lebih cepat dan efisien. Terutama pembersihan duri bagiani ekor.

“Banyak yang baru dari teknik pencabutan ini karena banyak inovasi. Kalau kemarin (sebelumnya) tidak seperti ini. Ini bagian ekor, dulu yang saya tahu tidak diiris kemudian dibalik malah ini ada teknik tersendiri,” papar umbar.

Meski dari unsur masyarakat, melalui pelatihan ini Umbar semakin paham cara pengolahan bandeng khas Juwana dengan benar.nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.