Home Berita Nasional BUMDes Diharapkan Mampu Kelola Dana 50-100 Juta Untuk Desa Korporasi

BUMDes Diharapkan Mampu Kelola Dana 50-100 Juta Untuk Desa Korporasi

72
0
SHARE
Desa Korporasi
Nug/Wartapati. Wabub Syaiful Arifin jelaskan wacana Desa Korporasi saat sosialisasi penghitungan Dana Desa Kabupaten Pati 2018 di pendopo kabupaten.

Wartapati.com Pati – Pemanfaatan dana milik desa untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masih terus digodok. Salah satunya dengan program desa korporasi yang masih menjadi wacana Pemkab Pati.

“Ini bentuk usaha bersama yang dimiliki desa-desa. Daripada desa memikirkan usaha apa yang perlu dibentuk dengan uang. Katakanlah 50 atau 100 juta. Saya pikir kalau 100 juta dikumpulkan secara bersama, ini memiliki kapital yang cukup baik untuk usaha yang bermanfaat untuk masyarakat,” papar Wabub Pati, Syaiful Arifin usai sosialisasi penghitungan dana desa di Pendopo Kabupaten, Selasa (6/2/2018).

Baca juga: Tambahan 300 Juta Rupiah Untuk Desa Tertinggal Di Pati

Tentunya arah dari desa korporasi ini menuju pada keuntungan kembali ke desa melalui kerja sama dengan perusahaan lain. Wabub Syaiful Arifiin pun mengaku perlu menata regulasi dengan dinas terkait.

“Regulasi, itu kami diskusi dengan Pak Mukthar (Kadispermades), bahwa regulasinya sudah ada. Kalau desa ada lembaga atau perusahaan nusantara tingkat pusat itu ada,” katanya.

Disinggung terkait bidang usaha dari desa korporasi tersebut, Dia mengaku masih perlu berdiskusi. Terlebih terdapat banyak potensi daerah yang bisa dikembangkan melalui desa korporasi.

Baca juga: Petani Banjarsari, Gabus Panen Paksa Ditengah Kepungan Banjir

“Nanti pemegang saham yang bisa menentukan pihak profesional. Kami melibatkan orang dari dunia bisnis. Dikelola dengan profesional, saya pikir salah satunya berkontribusi baik untuk desa,” kata Wabub.

Dari sisi manajemen, melibatkan penduduk desa yang mumpuni dari sisi ketrampilan dan mengutamakan keprofesionalan desa korporasi. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here