Home Info Pati Komunitas Buat Aquascape Gak Harus Mahal Lho, Gabung Aja

Buat Aquascape Gak Harus Mahal Lho, Gabung Aja

151
0
SHARE
Aquascape Pati
Istimewa/Wartapati. Hasil karya aquascape komunitas Aquascape Pati.

Wartapati.com Margorejo – Deretan tanaman berwarna-warni didalam aquarium memunculkan kesan unik. Apalagi tanaman itu bukan sintetis yang terbuat dari plastik, melainkan tanaman asli yang hidup didalam air. Atau kerap disebut Aquascape.

Yang baru melihat benda satu ini pasti tertarik sekaligus muncul rasa heran, bagaimana cara mendesain hutan mini didalam aquarium. Untuk membuatnya, dibutuhkan kesabaran, teliti dan menggabungkan nilai estetika (keindahan) yang nantinya memunculkan karya seni bentuk ekosistim dalam air.

Baca juga: Dewan: Jangan Ada Manipulasi Data Sekolah!

Untuk mensiasati itu, peminat pemula tak perlu bingung, karena di Pati sudah ada Komunitas Aquascape Pati yang siap mengajak belajar bersama membuat hutan mini dalam air.

Aquascape Pati
Istimewa/Wartapati. Hasil karya aquascape komunitas Aquascape Pati.

“Setahun berdiri, komunitas Aquascape Pati tempat belajar bersama bagi peminat dan pecinta seni dunia tumbuhan dalam air. Namun alat-alat yang digunakan tak harus mahal untuk membuat. Misal CO2 yang dibutuhkan tanaman, kita bisa buat sendiri dan juga alat-alat lain. Pokoknya penuh kreativitas lah,” ungkap ketua komunitas, Awan, Sabtu (31/3/2018).

Komunitas yang beranggotakan 11 orang ini sempat ikut lomba tingkat provinsi Jateng membawa nama Kabupaten Pati.

“Oktober 2017, di Magelang masuk peringkat 40 dari 50 peserta. Di Karanganyar, peringkat 26 dari 50 peserta yang ikut. Ya lumayan buat komunitas yang tergolong baru,” imbuhnya.

Baca juga: Jalan Salib Jemaat Gereja Santo Yusuf Pati Bernuansa Jawa

Untuk mengenalkan Aquascape di Pati, pihaknya tak henti-hentinya memajang karya seni di pusat-pusat keramaian. Seperti ikut meramaikan Museum Gedung juang 45 dan keramaian Car Free Day (CFD).

“Dari Dinas Lingkungan Hidup bilangnya bagus, mau dicarikan tempat yang teduh. Kan aquascape ini butuh tempat yang tidak langsung kena sinar matahari agar tidak berlumut,” kata Awan.

Aquascape Pati
Istimewa/Wartapati. Anggota Aquascape Pati saat pamer karya di Car Free Day.

Bagi yang mau bergabung di Aquascape Pati dan berkarya, lanjutnya, tidak perlu ragu. Pasalnya banyak ide kreatif untuk merakit alat dengan harga relatif murah. Peminat bisa gabung di media sosial atau datang langsung di basecamp yang berada di Dukuh Cacah Desa Sukoharjo, Margorejo.

“Nanti disini, kita belajar bersama. Mendesain aquascape sesuai keinginan, dan pastinya Low Budget” pungkasnya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here