Home Politik Berkas Tidak Sesuai, Caleg Tidak Masuk Daftar Calon Sementara

Berkas Tidak Sesuai, Caleg Tidak Masuk Daftar Calon Sementara

Daftar Calon Sementara
Ilustrasi/Wartapati. Penelitian berkas bakal caleg di Aula KPU Pati

Wartapati.com Pati – KPU Pati meneliti kembali berkas yang diserahkan dari 16 Parpol peserta Pileg 2019.  Namun bagi berkas yang tidak memenuhi syarat, bisa berdampak langsung pada bakal caleg yakni tidak tercantum dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Pati, M. Nasich sehari sesudah menerima seluruh berkas dari parpol.

Baca juga: Haul Mbah Suyuti Guyangan Ladang Amal Bantu Sesama

“Sudah menerima seluruh berkas  perbaikan calon anggota DPRD yang diajukan oleh 16 parpol semalam, kita penelitian dan berikan tanda terima perbaikan ke parpol tersebut,” katanya kepada wartapati.com, Rabu (1/8/2018).

Namun dalam penelitian berikutnya terdapat persyaratan yang tidak terpenuhi yang dilampirkan, maka nama caleg yang bersangkutan tidak masuk dalam DCS.

“Sehingga dalam DCS tidak muncul kalau dinyatakan tidak memenuhi syarat. Karena waktunya sudah selesai untuk perbaikan berkas diantara 22 sampai 31 Juli kemarin,” imbuh ketua KPU Pati.

Penelitan berkas selanjutnya selesai pada 7 Agustus. Penelitian itu adalah penelitian terakhir, sehingga secara otomatis parpol tidak bisa memerbaiki berkas yang diajukan.

“Kemudian parpol tidak bisa memperbaiki atau mengganti, karena waktu sudah selesai. Kemudian di penelitian masih ada  yang tidak memenuhi syarat ya nanti tidak kita cantumkan dalam DCS. Ya tidak bisa muncul di surat suara,” imbuhnya.

Baca juga: Ini Sebab Revisi Tata Tertib Internal Anggota DPRD Pati

Jumlah bakal caleg yang mengajukan berkas melalui parpol sebanyak 643 orang. Jumlah tersebut masih melalui proses penelitian dari KPU Pati. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.