Home Info Pati Pemerintahan Disdukcapil Pati Target Tuntaskan Ektp Akhir Tahun

Disdukcapil Pati Target Tuntaskan Ektp Akhir Tahun

SHARE
ektp
Istimewa/Wartapati. Petugas di Kantor Dispendukcapil melakukan lembur percetakan E-KTP, untuk segera disalurkan.

WartaPati.com Pati – Untuk menuntaskan pencetakan elektronik KTP (ektp) kepada seluruh warga Kabupaten Pati hingga akhir 2017, kantor kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) mengandalkan suplai drop blangko dari pusat.

Plt Kepala Dispendukcapil Rubiono mengatakan, pihaknya terus melakukan percetakan EKTP, dengan cara dikebut. Sehingga diakhir tahun nanti Dispendukcapil bisa menyelesaikan tugasnya dalam mencetak EKTP yang sempat tertunda.

“Saat ini jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Pati ada 1,3 juta jiwa. Untuk masyarakat Pati wajib ber-ktp sekitar 965 ribu 694 jiwa. berdasarkan validasi yang dilakukan disdukcapil Pati akhir periode Oktober 2017, ada sektar 869 ribu 124 jiwa yang sudah ber-ktp atau 90,58 persen dari jumlah penduduk, dan yang belum ber-ktp ada sekitar 86.912 jiwa atau 9,42 persen dari jumlah penduduk,”paparnya, Rabu berdasar pada data awal bulan ini.

Lebih lanjut, akhir bulan Oktober, pihaknya telah mendapatkan droping blangko E-KTP yang sudah siap cetak. Namun, pihaknya masih akan menuntaskan percetakan E-KTP yang sempat tertunda sebelum. Mencetak dropingan yang baru tersebut, diperkirakan blongko E-KTP yng lama akan selesai didistribusikan minggu nanti.

“pendistribusian di sembilan Kecamatan yang pertama di Kecamatan Wedarijaksa langsung diserahkan oleh Bupati Pati sendiri. Kemudian Kecamatan Jaken 449, Jakenan 483, Puncakwangi 647, Winong 649, Gabus 397 dan Tambakromo 726. Yang dua di Sukolilo dan Kayen,” terangnya.

Ditambahkannya, setelah percetakan E-KTP dapat dirampungkan hingga akhir 2017 nanti, Dispendukcapil akan melakukan perekaman Kartu Indonesia Anak (KIA). Pasalnya, di 2018 nanti Pati ditargetkan sudah memiliki indentitas untuk anak usia 1 Hari hingga kurang dari 17 tahun.

“KIA tersebut nantinya kegunaanya juga sama dengan E-KTP, karena dalam NIK tersebut setiap orang memiliki satu. Jika sudah dewasa pun NIK nya akan tetap sama,”imbuhnya.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.