Home Kesehatan Serahkan Tujuh SK, Satu Puskesmas di Pati Belum Berbadan Layanan Umum Daerah...

Serahkan Tujuh SK, Satu Puskesmas di Pati Belum Berbadan Layanan Umum Daerah Penuh

Puskesmas di Pati
Nug/Wartapati. Penyerahan SK BLUD oleh Bupati Pati Haryanto di halaman Puskesmas Margoyoso II, Senin (9/4/2018).

Wartapati.com Margoyoso – Tujuh Puskesmas di Pati menerima Surat Keputusan (SK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dari Pemkab Pati, Senin (9/4/2018). Enam puskesmas diantara menerima SK BLUD penuh sedangkan satu puskesmas baru menerima SK BLUD bertahan.

Enam puskesmas yang menerima SK BLUD penuh diantaranya Puskesmas Gunungwungkal, Cluwak, Dukuhseti, Tayu I dan II serta Margoyoso I. Sedangkan Puskesmas Margoyoso II menerima SK BLUD bertahap, atau belum penuh.

Baca juga: Jangan Pernah Curi Kotak Amal Masjid, Jika Tak Mau Menyesal Seperti Pencuri Ini

Bupati Haryanto usai menyerahkan SK menggemukan, satu puskesmas dengan status SK BLUD bertahap itu tengah berproses. Dimana dari puskesmas belum rawat inap menjadi rawat inap.

“Margoyoso II kan baru proses dari tidak rawat inap, ini menjadi rawat inap. Sehingga masih ada tahapan. Sementara itu yang lain ada penuh,” ujarnya kepada wartapati.com di halaman Puskesmas Margoyoso II.

Bupati mengatakan, SK BLUD bertahap menjadi BLUD penuh memerlukan waktu paling lama satu tahun kedepan.

Pada kesempatan itu pula, Bupati mengingatkan ada delapan poin yang merujuk pada peningkatan pelayanan masyarakat yang wajib dilaksanakan dari pihak puskesmas.

Baca juga: Ini Satu-satunya Puskesmas di Pati Yang Belum Berbadan Layanan Umum Daerah

Dengan menerima SK BLUD penuh itu, puskesmas sudah bisa mengelola secara mandiri, termasuk mengelola keuangan. Namun tetap dengan tidak mengabaikan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati untuk sinergitas program.

“Jadi mereka punya kewenangan penuh untuk mengelola anggaran baik itu dipakai untuk pengelolaan di kantornya maupun untuk insentif. Disitu ada aturannya semua,” tambahnya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.