Home Info Pati Budaya Belum Ada Target Khusus dari Raperda Kesenian Daerah

Belum Ada Target Khusus dari Raperda Kesenian Daerah

Istimewa/Wartapati. Kagiatan seni budaya yang diselenggarakan sebuah komunitas di daerah Kecamatan Gabus baru-baru ini.

Wartapati.com Gabus – Seniman dalang wayang kulit menilai masih ada kekurangan atas raperda inisiasi dari Komisi D DPRD Pati. Dalang Tri Luwih menilai belum ada target yang khusus terkait raperda itu.


“Yang kami lihat, belum ada target khusus, mengenai kesenian tradisional apa yang mampu menjadikan ikon untuk Kabupaten Pati. Saat ini pun, ada beberapa jenis kesenian yang diyakini menjadi khas Pati namun sudah sangat terpinggirkan. Seperti Angguk, Mandailing, dan Pencak-Persik,” ungkap Tri, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Tri mengatakan kesenian yang terpinggirkan tidak banyak diketahui warga Pati yang notabene sebagai pemilik kesenian itu. Kesenian itu kalah tenar dibanding ketoprak, wayang kulit dan tayub.

Dia menginginkan adanya perhatian lebih dari pemerintah dengan maksud mempertahankan kesenian tersebut agar tidak hilang.

Pegiat seni teater, Sutrisno menambahkan saat ini tokoh dan pegiat seni tradisional yang terpinggirkan. Padahal subyek tersebut merupakan pokok dari kesenian daerah.

”Dalam hal ini pemerintah harus hadir. Kalau ingin berupaya melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional, tokoh harus mendapat perhatian yang baik. Ya minimal ada semacam bentuk apresiasi atau penghargaan, kepada seorang tokoh yang memang getol berjuang untuk kelestarian seni dan kebudayaan tradisional tersebut,” papar mahasiswa Pati ini.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Mussalam Mas’ul mengungkapkan, raperda ini merupakan inisiatif dari pihaknya. Raperda ini sendiri berangkat dari bentuk keprihatinan, Mussalam mengaku akan memperjuangkan kelangsungan raperda ini untuk benar-benar menjadi payung hukum yang bisa melindungi keberadaan kesenian dan kebudayaan tradisional.

”Pekan ini in shaa Allah pansus sudah bisa terbentuk, dan pembahasan lebih lanjut akan dilakukan. Semoga berjalan lancar dan dapat selesai tepat waktu,” jelasnya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.