Belajar Kapan Saja Dimana Saja jadi mudah menggunakan Aplikasi Gratis Ini

333
0
Read Time2 Minute, 30 Second

Wartapati.com Penyebaran Covid-19 di seluruh dunia semakin meluas. Lebih dari 100 negara telah mengkonfirmasi terjangkit virus yang awalnya diketahui berasal dari Kota Wuhan, China. Indonesia menjadi salah satu negara terkena dampak virus tersebut.

Sampai saat ini, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Kasus Terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 Pemerintah Indonesia  mengambil langkah nyata dalam upaya memutus rantai penularan virus tersebut, termasuk kebijakan di bidang pendidikan.

Banyak sekolah diliburkan sementara di beberapa provinsi di Indonesia demi mencegah virus corona semakin merajalela. Keputusan belajar mengajar dalam jaringan yang dilakukan di rumah masing masing menjadi solusi belajar mengajar.

Travel mahesa pati travel pati jogja

Guru dan siswa dituntut mampu memanfaatkan kecanggihan di era yang serba canggih ini. Beruntung smartphone dan internet bukan menjadi sesuatu yang langka, semua orang dapat mengoprasikan. Dengan Bantuan Banyak aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah dan gratis di Play Store dan Appstore.

Google Classroom adalah salah satunya. Aplikasi yang sangat bermanfaat ini dikembangkan oleh Google. Dirilis pertama kali pada 12 Agustus 2014 untuk sistem operasi iOs maupun Android. Di Play Store sendiri Google Classroom sudah didownload lebih dari 10 juta kali.

Penjelasan dari Google, aplikasi ini merupakan aplikasi yang di peruntukan pada  bidang pendidikan yang dapat membantu pengajar untuk membuat dan mengatur tugas dengan cepat, memberi masukan secara efisien, dan berkomunikasi dengan mudah dengan kelasnya, membantu siswa untuk mengatur tugasnya di melalui Google Drive, 

Menyelesaikannya dan menyerahkannya, serta berkomunikasi secara langsung dengan pengajar dan teman-teman.

Silahkan Unduh aplikasinya dan siapkan sebuah akun gmail anda untuk dapat masuk pada aplikasi tersebut. Setelah berhasil, anda dapat create class atau join class, tergantung kebutuhan anda. Untuk dapat bergabung ke kelas anda harus memasukan kode kelas yang hanya diketahui oleh pembuat kelas.

Jika anda adalah seorang guru yang ingin membuat kelas maya di Google Classroom, anda harus memilih buat kelas dan akan diminta untuk untuk informasi tentang kelas yang dibuat. 

Seperti judul, deskripsi, sesi dan mata pelajaran / tema. Kemudian anda harus membagikan kode kelas kepada siswa agar mereka dapat join di kelas yang dibuat.

Di kelas maya ini pula guru dapat memberikan tugas, pertanyaan, serta materi. Yang menarik, semua itu dapat dilakukan dengan cara mengetikkan sendiri, diunggah langsung dari memori HP, 

menautkan link internet, bahkan mengambil dari file yang sudah anda simpan di Google Drive. Jawaban siswa yang dikumpulkan juga dapat langsung anda nilai dan dikembalikan.

Pada bagian Stream atau beranda, guru dapat bertanya, menyapa dan berinteraksi lain selayaknya guru sedang berada berbicara di depan kelas. Siswa dapat langsung memberikan komentar untuk berinteraksi dengan guru. Dan ini sangat menyenangkan karena merupakan sesuatu yang jarang dilakukan sebelumnya dan baru. Mereka akan sangat antusias karena selayaknya bermain FB.

Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk digunakan oleh guru dan siswa yang harus bekerja dan belajar daring. Google Classroom adalah salah satu aplikasi pendidikan yang direkomendasikan. Tidak ada alasan untuk tidak belajar sekarang ini. Semoga dapat menjadi referensi khususnya untuk guru yang sedang menjalankan pembelajaran online.

Kontributor : Hanywahyu
Editor : Dianovery

1 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here