Home Teknologi BBM Kini Resmi Miliki Perusahaan Indonesia

BBM Kini Resmi Miliki Perusahaan Indonesia

101
0
SHARE
BBM Kini Resmi Miliki Perusahaan Indonesia

Wartapati.com – BBM Kini Resmi Miliki Perusahaan Indonesia – Aplikasi layanan pesan dari BlackBerry yakni BlackBerry Messenger (BBM) kini telah dimiliki oleh perusahaan Indonesia. Hal tersebut terkait dengan perjanjian lisensi jangka panjang antara BlackBerry denganga PT. Elang Mahkota Tbk (Emtek) di Indonesia.

CEO BBM, Matthew Talbot mengatakan, “Lisensi ini 100% dimiliki Indonesia, mengapa? Karena layanan BBM juga dipakai sebagai layaan enterprise, namun kini sudah dipisah (Layanan  konsumer).”

Seperti yang diberitakan oleh Kompas.com, Talbot juga menjelaskan bahwa semua trademark, operasi, seluruh pengembangan BBM sepenuhnya kini dimiliki Emtek.

Baca juga: Asus Zenfone 3 Laser Rilis di Indonesia

Ia juga mengatakan, “BBM punya kantor di Indonesia, dan bos saya juga pemilik grup media asal Indonesia, jadi ya memang BBM milik Indonesia.”

BBM sebenarnya memang telah memisah dengan BlackBerry. BBM sebagai penyedian layanan chatting, sedangkan BlackBerry sebagai perusahaan korporasi. Opersionalnya pun juga dipisah.

Setelah terjadi kerja sama lisensi, BalckBerry juga menyiapkan langkah strategi untuk mengembangkan bisnisnya. Adapun strategi yang ditempuh antara lain menambah konten dalam layanannya. BBM tak hanya menjadi patform chat, tapi juga sebagai portal berita, hiburan, video, dan layanan lain, misal e-commerce dan game. Dan kerja sama ini komitmen dari BBM yang bersifat seumur hidup.

Perjanjian ini pun memungkinkan pengguna aplikasi BBM untuk mengakses beragam konten yang dimiliki grup Emtek. Misal, Video, acara TV free-to-air, dan koleksi dari 100k jam konten TV. Dan perjanijian ini mencapai 207,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp 2,7 triliun.

Comments

comments