Home Warta Rembang Bayi Baru Lahir Langsung Ditanggung BPJS

Bayi Baru Lahir Langsung Ditanggung BPJS

berita pati hari ini

Wartapai.com Rembang – Kehadiran Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2018 membawa angin segar bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (PBJS) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Perpres ini lebih mengatur pada kewajiban mendaftarkan bayi yang baru lahir menjadi peserta BPJS Kesehatan apabila orang tuanya sudah terdaftar sebagai peserta JKN. Hal itu menjadi syarat utama untuk mengikuti Perpres yang dimulai pada 18 Desember 2018.

Kepala kantor BPJS Kesehatan cabang Pati Surmiyati menegaskan setelah bayi lahir bisa langsung didaftarkan menjadi peserta JKN asalkan orang tuanya memenuhi persyaratan diatas.

“Nah disini untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBU) otomatis anak pertama sampai ketiga itu tinggal mendaftar saja,” katanya Selasa (18/12/2018).

Anjuran langsung mendaftarkan bayi yang baru lahir karena iuran yang diterimanya  sudah terhitung menjadi satu untuk suami istri dan tiga orang anak.

“Artinya kalau itu memiliki penambahan anak 1-3 cukup mendaftar saja tidak ada tambahan iur,” imbuhnya.

Berbeda bagi orang tua yang menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri, apabila sudah mempunyai kepesertaan JKN maka wajib mendaftarkan bayi dengan batas waktu paling lambat 28 hari sejak lahir.nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.