Home Info Pati Bank Sampah Bakal Ada Di Tiap Daerah

Bank Sampah Bakal Ada Di Tiap Daerah

Wartapati.com Pati – Meski fasilitas kebersihan di daerah terbilang cukup, namun tingkat partisipasi masyarakat bisa dikatakan masih rendah. Hal itu bisa dilihat banyak lokasi pembuangan sampah yang ada di ruas jalan, seperti jalur Pati-Tayu.

Untuk mengatasi hal itu, akan ada program bank sampah di tiap wilayah. Hal itu disampaikannya saat menggelar peringatan World Clean Up Day di komplek Pasar Puri Sabtu pagi (15/9/2018).

”Penanganan sampah memang cukup sulit. Contohnya di beberapa ruas jalan di Pati. Di pinggir-pinggir banyak sekali kita temukan sampah berserakan. Bahkan ada yang memang dijadikan tempat pembuangan sampah,” kata Haryanto.

Menurut bupati, keberadaan bank sampah merupakan solusi. Hanya saja partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk memanfaatkan fasilitas itu.

”Karena sejak dari rumah sudah dipilah-pilah, dan nantinya masyarakat sendiri juga mendapat jatah dari sampahnya tersebut. Ya kedepan semua desa minimal harus punyalah,” jelas bupati.

Catatan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, dari 401 desa, dan 3 kelurahan, baru ada 142 yang memiliki bank sampah. Kebanyakan juga tersebar untuk di wilayah kota.

Selain apel, dalam peringatan hari bersih-bersih serentak sedunia tersebut, bupati mengajak masyarakat untuk memulai hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Pungut sampah yang dilakukan Forkopimda, pelajar, dan komunitas langsung menyisir sudut-sudut Pasar Puri dan membersihkan sampah yang berserakan./Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.