Home Politik Apakah Jumlah Dapil Pilleg 2019 di Pati Berubah?

Apakah Jumlah Dapil Pilleg 2019 di Pati Berubah?

Wartapati.com Pati – Empat parpol di kabupaten Pati menghendaki perubahan jumlah daerah pemilihan (dapil) unutk Pemilihan Legislatif Pileg 2019. Hal itu dinyatakan saat uji publik penataan daerah pemilihan dan kursi peserta Pileg oleh KPU Pati, Selasa (13/2/2018).

“Sebagain besar menghendaki tetap, tapi mada beberapa partai yang mengajukan perubahan antara lain NasDem, PKB daan PPP menghendaki 7 dapil. Semnatara PKS menghendaki 6 dapil,” kata Ketua KPU Pati, M. Nasich usai rapat di Hotel berbintang di Pati.

Baca juga: Kemeriahan Imlek 2569 Di Pati

Ada tujuh prinsip yang dipenuhi dalam penataan dapil, seperti kesetaraan, kesinambungan, proporsinalitas dan kohesifitas. Namun dari dua draf yang dipaparkan KPU Pati, pihaknya menjelaskan mana yang paling kuat derajatnya mengacu pada prinsip yang akan dirapatkan pelno bersama anggota lain.

“Kami jelaskan apa yang menjadi prinsipnya, mana yang paling kuat derajatnya, nanti yang kami rapatkan pleni bersama anggota yang lain,” terangnya.

Baca juga: Menghitam, Tengkulak Tolak Gabah Banjarsari, Gabus

Selain itu pertimbangan sisa suara yang tak terkonversi menjadi jumlah kursi anggota dewan menjadi pertimbangan apabila terdapat tujuh dapil, menjadi lebih banyak sekitar 23 ribu.  Jumlah ini lebih besar dibanding lima dapil, yakni 15 ribu suara.

“Dari prinsip, lima dapil memenuhi dari 7 prnsip. Itu sudah jelas. Namun kalau tujuh dapil, ada yang belum terpenuhi, yakni kesinambungan. Karena kesinambungan itu yang mengaitkan dengan pelaksanaan pemilu 2014, dapilnya sama,” imbuh M. Nasich. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.