Home Info Pati Angkut Ikan di Kontainer Ancam TPI Juwana Tak Target PAD

Angkut Ikan di Kontainer Ancam TPI Juwana Tak Target PAD

80
0
SHARE
Nug/Wartapati. Aktivitas lelang ikan di TPI Unit II Juwana

Wartapati.com Juwana – Kebijakan dari pusat yang mengharuskan ikan hasil tangkapan harus dimuat dalam kontainer mengancam TPI Unit II Juwana tak capai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari hasil lelang ikan.

Peraturan itu dari solusi kebijakan tol laut. Di sisi lain banyak kapal milik nelayan Juwana yang belum mengantongi surat-surat.

Baca juga: Perserta Ujian Nasional 2018 di Pati Turun 147 Siswa

Menurut Pelaksana Harian Kepala TPI Unit 2 Juwana Tri Widodo, pemakaian kontainer adalah solusi dari penangkapan di wilayah Irian yang melebihi muatan ikan.

“Untuk mengangkut, disini kapal sekali operasi sudah dapat penuh. Kalau satu bulan, dari pada dibawa ke Pati atau Jawa, dijual disana. Sehingga pemerintah menyediakan tol laut itu, mengangkut hasil muatan ikan menggunakan kontener,” jelas Kepala TPI Unit 1 Juwana, Rabu (21/3/2018).

Dampak muatan kontainer mengurangi aktivitas lelang ikan di TPI Unit 2 Juwana. Bahkan mengancam pendapatan di TPI Unit 2 Juwana tidak memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena sekitar 3 bulan ini pihak TPI unit 2 Juwana harus bekerja ekstra untuk mengejar target pendapatan TPI Unit 1 Juwana.

“Selama kita masih ada kapal, sementara 3 bulan ini pendapatan TPI untuk memenuhi PAD masih aman,” sambung Tri Widodo.

Saat ini TPI unit Juwana telah mendapatkan pendapatan sekitar 20 persen, dari target yang telah ditentukan oleh pemerintah sekitar 25 persen. Namun karena kondisi pelelangan ikan yang terbilang masih sepi, sehingga harus memanfaatkan aktivitas pelelangan secara maksimal.

“Seharusnya 25 persen. Ini baru masuk sekitaf 20 persen. Masih ada 5 – 6 hari, namun kami terseok-seok, harus memaksimalkan yang ada,”tambahnya.

Baca juga: Harapan Bupati Pati Tahun Ini Jadi Tahun Persipa

Pihak TPI Unit II mengusulkan 15 kapal pengangkut ikan di Juwana kepada pemerintah Pusat untuk segera diterbitkan SIPI dan SIUP kapal. Karena menurutnya dengan jumlah 15 kapal tersebut setidaknya akan menutupi pendapatan di TPI Unit 2 Juwana.

“Kalau 15 kapal itu memiliki ijin setidaknya kan setiap harinya 2-3 kapal, kan Masih menutupi pendapatan di TPI,” pungkasnya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here