Home Kesehatan Anak di Wedarijaksa Derita Tempurung Otak Tak Berkembang

Anak di Wedarijaksa Derita Tempurung Otak Tak Berkembang

Tempurung Otak
Nug/Wartapati. Kondisi Indah Safitri (10) yang menderita tempurung otak tak berkembang

Wartapati.com Wedarijaksa – Indah Safitri (10) Putri bungsu dari pasangan Harjobini dan Sartini, warga RT 3 RW 2 Desa Panggungroyom, Wedarijaksa, Pati menanggung nyeri kepala sejak lahir. Rasa nyeri tersebut karena tak berkembangnya tempurung otak Indah Safitri sejak lahir.

Orang tuanya belum secara pasti mengetahui nama penyakit itu Tempurung Otak . Namun gejala tersebut diketahui pihak keluarga sejak Indah Safitri lahir dan periksa kesehatan ke dokter spesialis.

“Sejak lahir menangis terus, siang malam. Kami periksa ke dokter, keterangannya demikian,tak berkembangnya tempurung otak. disarankan untuk operasi kala itu,” terang Harjobini yang berkerja sebagai pekerja seni.

Kondisi fisik anak perempuannya hanya bisa menangis tiap harinya. Sangat memprihatikan karena tubuhnya mengecil bak tulang terbungkus kulit. Tak bisa berbicara, terkadang Indah  Safitri demam diselingi dengan gatal sekujur tubuh ditandai dengan bekas-bekas luka akibat gatal pada kulit.

“Pada usia 8 bulan demam sampai kejang sambil menangis sepanjang hari. Selama kehamilan, tidak ada tanda kelainan pada janin. Hanya saja saat lahir yang keluar dulu pada bagian pantat (tidak sungsang). Lahirnya dirumah seperti lahiran anak biasa,” ungkap ibunya, Sartini.

Aktivitas Indah Safitri hanya sebatas tidur, asupan gizi dari bubur instan khusus dan minum dengan air gula. Untuk duduk, Indah sangat memerlukan bantuan dari orang tuanya.

Kondisi tersebut semakin ironis ketika keluarga tak memiliki biaya berobat, dimana Sartini hanya ibu rumah tangga dan Harjobini sebagai pekerja seni lakon ketoprak.

“Bisa saja ini ganjaran dan hikmah dari Allah kepada saya,” tutur Harjobini. [Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.