Home Berita Nasional Anak-Anak Karimunjawa Belajar Membuat Wayang Dari Rotan

Anak-Anak Karimunjawa Belajar Membuat Wayang Dari Rotan

Karimunjawa
Istimewa/warapati. Anak-anak Karimunjawa sedang membuat wayang.

Wartapati.com Jepara – Komunitas Pojok Kidul asal Jepara mengajarkan anak-anak di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara membuat wayang dengan bahan rotan, Sabtu, 21/07/2018. Workshop Wayang Rotan ini untuk mengenalkan wayang kepada anak-anak sejak dini.

Baca juga: Hiburan Panggung Gembira Indosiar Sukses Hibur Warga Pati

Bertempat di Pendopo Dinas Pariwisata di Bukit Jatikerep, Karimunjawa baik anak usia SD maupun SMP antusias mengikuti kegiatan ini. Meski sambil bercanda, mereka tetap fokus menganyam rotan hingga membentuk wayang.

Menurut anggota Komunitas Pojok Kidul, dipilihnya rota sebagai bahan membuat wayang karena rotan menjadi salah satu komoditas industri di Kabupaten Jepara.

“Wayang rotan muncul dari gagasan Rumah Aksara Wilis Bersaudara yang beralamat di Kecamatan Welahan. Sudah beberapa kali memberikan workshop pada anak-anak di Jepara. Kali ini di Karimunjawa,” ujarnya, Sabtu (21/7/2018).

Tak hanya menyuguhkan keindahan Alam Karimunjawa, tetapi wayang rotan ini juga bisa menjadi suguhan pementasan kesenian.

Baca juga: Daftar Peserta Lolos Finalis Duta Wisata Pati 2018

“Selama ini, wayang rotan susah kami respon menjadi pementasan dengan konsep gabungan dongeng dan seni teater. Tiap kali mengadakan workshop selalu kita tutup dengan pementasan wayang rotan,” tuturnya. [DW]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.