Home Info Pati Akibat Banjir Yang Di sebabkan Luapan Sungai Juwana Kerugian Di Taksir Milyaran...

Akibat Banjir Yang Di sebabkan Luapan Sungai Juwana Kerugian Di Taksir Milyaran Rupiah 

berita pati hari ini
Istimewa/Wartapati. Pateni Desa Pasuruan Kecamatan Kayen memanen padi dengan perahu.

Wartapati.com Kayen – Taksiran kerugian akibat panen padi yang tidak maksimal mencapai milyaran rupiah ditanggung oleh petani Desa Pasuruan Kecamatan Kayen. Hal Itu disebabkan luapan sungai Juwana yang mengalami sedimentasi melintas di desa itu.


Kades Pasuruan Warsito menjelaskan ada 250 dari 300 hektar yang terendam banjir. Jika turun hujan dengan intensitas cukup, kemungkinan rendaman air bisa meluas.


“Yang belum terendam itu bagian timur yang ada di desa,” kata kades, Rabu (12/12/2018).


Biasanya para petani setempat menyiasati pola tanam hingga panen sebelum air merendam lahan. Hanya saja pada musim ini, cara tersebut belum tepat karena gangguan hama tikus.


“Ternyata ini awal tanamnya diganggu tikus sampai tiga kali. Kalau gangguan tikus kan tumbuhan lagi, kemudian dipupuk bisa jadi panen bisa tidak. Dan yang terakhir mau panen ternyata dihantam banjir,” imbuh Warsito.


Lanjutnya, perkiraan kerugian akibat banjir yang kerap menghampiri lahan sawah warganya mencapai miliaran rupiah. Pasalnya setiap hektar sawah bisa menghasilkan 20-25 juta rupiah apabila berhasil dipanen.


“Tergenang banjir sekitar 250 hektar. Ini kan yang di sebelah sungai Juwana itu juga ada. Kalau total itu ada 300,” katanya.


Keadaan seperti itu, lanjut kades, membuat petani harus beralih menjadi penangkap ikan di lahan sawah sembari menunggu air surut.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.