Home Warta Rembang Akhir 2018, Capaian Kepesertaan BPJS Kesehatan Pati Rembang Blora Masih Kurang

Akhir 2018, Capaian Kepesertaan BPJS Kesehatan Pati Rembang Blora Masih Kurang

berita pati hari ini
Nug/Wartapati. Kepala kantor BPJS kesehatan cabang Pati Surmiyati saat dikonfirmasi wartapati usai media gathering di fave hotel Rembang, Selasa (18/12/2018).

Wartapati.com Rembang – Target kepesertaan masyarakat yang seharusnya dicapai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pati, Rembang dan Blora masih jauh dari harapan. Dari tiga kabupaten itu, semuanya dibawah angka 86 persen.

Jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan tertinggi diduduki Kabupaten Rembang dengan prosentase 85,84 persen atau 543.746 jiwa. Disusul Kabupaten Pati hanya 76,40 persen atau 992.746 jiwa dan Kabupaten Blora  hanya 67,53 persen atau 610.880 jiwa. Data itu dihimpun hingga November 2018.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pati Surmiyati mengungkapkan hasil analisa persoalan itu ada beberapa faktor, seperti kepesertaan BPJS Kesehatan yang diakomodir perusahaan swasta ada dua persoalan. Dari badan usaha yang sebagian saja mendaftarkan karyawan atau malah tidak sama sekali mendaftarkan karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan.

“Yang kedua sudah mendaftarkan tapi belum sepenuhnya. Sedangkan masyarakat tidak mampu menjadi kewajiban pemerintah daerah, itu saja masih ada masyarakat yang belum terdaftar. Artinya selama ini masih menunggu ketersediaan anggaran yang mungkin baru disiapkan pemerintah daerah,” kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pati saat Media Gathering di Fave Hotel Rembang, Selasa siang (18/12/2018).

Bagi kepesertaan mandiri dinilai masih kurang menyadari pentingnya mendaftar BJPS Kesehatan. Atau bisa dikatakan hanya yang memerlukan pelayanan kesehatan saja bersedia mendaftar sebagai peserta.

“Sedangkan penduduk yang belum begitu butuh atau dalam kondisi sehat, kesadaran itu belum muncul. Maka kita perlu edukasi ke masyarakat untuk menjadi peserta JKN mewujudkan prinsip gotong royong bisa terwujud,” jelas Surmiyati.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.