5 Milyar 50 Juta dari 159 Desa Modal Usaha PT Mitra Desa Pati Menjadi Penggerak Percepatan Ekonomi Desa

Read Time1 Minute, 31 Seconds

Wartapati.com Pati – Pendirian PT Mitra Desa Pati hasil kerjasama PT Maju Berdikari Sejahtera Pati dengan PT Mitra BUMDes Nusantara diharapkan ada pengelolaan secara profesional jika sudah beroperasi.

Dorongan itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto saat sambutan launching PT Maju Berdikari Sejahtera Pati, Kamis pagi (17/1/2019). PT Mitra Desa Pati menjadi motor utama penggerak percepatan ekonomi desa-desa yang saat ini terdaftar. Sedikitnya ada 159 desa dengan modal sebesar 5 milyar 50 juta rupiah yang akan diputar dalam bentuk usaha.

“Itu cukup besar. Yang namanya mengelola usaha kita punya keyakinan untuk maju. Ada 13 jenis usaha yang kira-kira nanti bisa berkembang dan manfaat dari dana itu menjadi nilainya ada dan perkembangan ada menghasilkan deviden,” katanya.

Lanjutnya, hampir semua desa bisa melaksanakan pembangunan infrastruktur mengandalkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dari Pemerintah Pusat. Berbeda dengan berusaha agar bantuan itu menjadi langgeng dan menjadi sumber dana.

“Namun yang paling sulit dan kita berkeinginan agar bantuan itu langgeng dan sumber dana yang berrkembang tiu yang jadi harapan kita,” imbuh Bupati Pati.

Konsep usaha dilini desa ini muncul pada awal 2018, kata Haryanto, dan ditindaklanjuti dengan pertemuan berkali-kali oleh Wakil Bupati Saiful Arifin karena lebih paham di bidang usaha. Dari 13 jenis usaha nanti belum sepenuhnya dipilih, melainkan baru beberapa saja yang akan dijalankan terlebih dahulu sambil melihat perkembangan.

BUMDes Nusantara punya jaringan di pemerintah pusat dan ada tadi 13 kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, yang tidak semuanya dilaksanakan hanya memilih 3 dulu dan setelah berkembang beralih ke usaha yang lain,” papar bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Pati Mukthar menambahkan, mekanisme kerja sama ini berbeda dengan kabupaten-kabupaten lain.

Kita akan melakukan kerjasama dengan PT mitra Bumdes nusantara. Dan hari ini ditandatangani akta kerja sama tandatangan PT Maju berdikari Pati dengan PT Bumdes nusantara dengan nama PT mitra Desa Pati.Nug/dianovery

LIHAT JUGA, Kearifan kang Jamal.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=XtzLbPomcUc[/embedyt]

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close