Home Berita Nasional 361 Pelanggaran Jurnalistik Ditemukan KPID Jateng

361 Pelanggaran Jurnalistik Ditemukan KPID Jateng

18
0
SHARE
KPID Jateng

Wartapati.com Pati – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng menemukan 361 pelanggaran jurnalistik, dan 1 pelanggaran diantaranya dilakukan pada stasiun televisi lokal yang menayangkan gambar tak sesuai kaidah jurnalistik televisi.

Demikian ungkap Komisi KPID Jateng, Sonakha Yuda Laksana usai Focus Grup Discussion (FGD) bersama awak media di Pati, Selasa siang (12/12). Dari penjelasannya, 1 pelanggaran stasiun lokal televisi karena menayangkan gambar yang tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik.

“Kalau saat ini baru ada 1 statsiuntelevisi kami tegur, dalam hal pengambilan gambar kecelakaan dari gambar close up yang seharusnya long shot,” jelasnya.

KPID Jateng pun dalam menangani pelanggaran tersebut menggunakan metode pendekatan kultural, yakni melakukan teguran via telepon kepada redaksi yang bersangkutan.

“Dalam arti ketika ada pelanggaran, kami lebih dulu menelpon ke redaksi bahwa siaran harus seperti ini (sesuai kaidah-red). Kalau tidak diindahkan kami layangkan surat teguran,” tegasnya.

Sedangkan stasiun televisi nasional yang terbukti melanggar mendapat teguran dari KPI Pusat, namun peran dari KPID sekedar merekomendasikan bahwa terjadi pelanggaran.

Dalam hal ini, tugas KPID lebih spesifik menegur redaksi yang ada di daerah baik itu redaksi penyiaran radio maupun televisi.

“Artinya KPID mengawasi lembaga penyiaran yang berbasis frekuensi, televisi atau radio yang bisa ditangkap alat siar yang ada di daerah. Sedangkan media online ranah dari Kemenkominfo pusat atau daerah,” jelas Komisioner KPID Jateng.

Dari FGD yang digelar, diharapkan kedepannya KPID menyusun langkah tepat kepada lembaga penyiaran agar memunculkan siaran jurnalistik yang mencerahkan (berimbang) dengan menaati kaidah jurnalistik.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here