30 Ribu Bibit Rumput Vertiver Akan Dikirim ke Pati Guna Perkuatan Tanggul

120
0
Read Time1 Minute, 4 Second

Wartapati.com Pati – Bibit rumput vertiver menjadi andalan memperkuat tanah tanggul sungai yang belakangan ini kerap jebol. Dalam waktu dekat ini, bibit rumput yang diharap mampu memperkuat struktur tanah akan datang ke Kabupaten Pati.

Kepala BPBD Pati Martinur Budi Prasetyo mengatakan keunggulan rumput vetiver ini terdapat pada kekuatan akar yang mampu menembus kedalaman tanah hingga 6 meter. Sehingga sangat membantu untuk memperkuat tanggul saat musim hujan.

“Kedepan supaya permanen dengan penanaman rumput vertiver, BNPB dalam waktu dekat ini mendapatkan bantuan 30 ribu bibit vetiver. Keunggulan pada akar mencapai kedalaman 6 meter, akar ini diharap mampu memerkuat tanggul menahan air,” terang Martinus.

Travel mahesa pati travel pati jogja

Dari pengamatannya, ada sejumlah tanggul yang sengaja ditanami pohon ketela. Hal ini sangat membahayakan karena tanah rentan berlubang ketika tikus mengambil ketela dengan cara melubangi tanah.

Dari lubang tersebut akan mudah terisi air ketika penghujan, dan mengakibatkan tanggul mudah jebol.

“Kadang kesalahan tanggul ditananmi ketela, karena tikus itu doyan ketela, akhirnya di dodos, sisa lubang itu kemasukan air akhirnya jebol. Nah vertiver ini tidak disukai tikus. Dan daunnya tidak bisa dikonsumsi ternak,” jelas Kepala BPBD Pati.

Sementara ini yang sudah dilakukan untuk menanggulangi tanah longsor dan tanggul jebol adalah penanaman pohon aren yang bermanfaat untuk jangka panjang.

Kontributor : Nugroho
Editor : Dianovery

https://youtu.be/BMP8tiAP8qs
0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here