Home Info Pati 23 Bank Sampah Unit di Kabupaten Pati Mangkrak

23 Bank Sampah Unit di Kabupaten Pati Mangkrak

23 Bank Sampah Unit di Kabupaten Pati Mangkrak
Nug/Wartapati. Mesin pengolah sampah di Desa Panjunan yang berhenti beroperasi

Wartapati.com Pati 23 Bank Sampah di Kabupaten Pati Bank Sampah Unit (BSU) Tidak Beroperasi sebagaimana mestinya, 23 tiga BSU itu berada di 69 lokasi baik itu di desa maupun di lokasi sekolah

Mangkraknya Bank sampah sehingga tidak mampu beroperasi normal Di Beberapa tempat di kabupaten pati.Kondisi ini membuat BSI kebinggungan karena tidak ada  Koordinasi dari masing masing pihak

Baca juga : Patut Di Contoh Langse Margorejo Dengan Inovasi Bio Gas Untuk Desa Mandiri Energi

Direktur Bank Sampah Induk (BSI) Kabupaten Pati Eko Supriyatno mengatakan belum ada solusi perihal mangkraknya puluhan BSU dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang menaungi. Pihak BSI sendiri belum pernah diajak untuk berkoordinasi perihal malah tersebut.

Eko menganggap ini merupakan pembiaran dari satu program pemerintah kabupaten untuk lingkungan dan masyarakat.

Kalau boleh fulgar soal menangani BSI sendiri itu repot karena tidak ada kesinergian. Jadi saya ini seolah-olah memimpin bank sampah untuk berdiri sendiri, katanya Senin (5/10/2018).

Baca Juga : Bank Sampah Unit Desa Panjunan Mangkrak

Kondisi saat ini membingungkan BSI sendiri, terutama dalam permodalan untuk mengelola sampah. Seperti pinjaman modal untuk operasional dan menebus sampah yang ada di BSU-BSU yang letaknya jauh dari induk.

Bayangkan untuk membeli sampah itu uang dari mana, apakah dari pemerintah, tidak. Ada uang bantuan dari DLH untuk talangan dan modal, Tidak ada, terang Direktur BSI.

Eko mengharapkan adanya koordinasi terkait persoalan yang dihadapi saat ini, yakni mangkraknya BSU. Bersama DLH, Dia berharap bisa mengaktifkan lagi fungsi dari BSU dengan menggandeng tokoh dan perangkat desa setempat.

Kalau diinventaris kira-kira bagaimana, kita memiliki kemampuan menganalisa evaluasi mengapa itu mangkrak. Bahkan kalau perlu itu ditarik semua bantuan-bantuan dari DLH pada bank sampah yang mangkrak, tutup Eko Supriyatno.Nug

Saksikan juga video Penemuan Punden Mbah Gumirah Sukoharjo Margorejo Pati Jawa Tengah

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.