Instruksi Pusat, Pegawai Lapas Pati Jalani Tes Urin

Read Time1 Minute, 33 Seconds

Wartapati.com Pati – Pegawai Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Pati menjalani tes urin, Kamis (14/2/2019). Setelah menerima instruksi dari pusat, sebanyak 35 dari 90 pegawai di lapas wajib menjalani prosedur tes urin yang digelar oleh pihak lapas.

Kepala Lapas Kelas IIB Pati, Irwan Silais mengatakan tes urin ini bertepatan dengan bersih-bersih narkoba dan telepon seluler yang diamankan dari penghuni lapas.

“Bertepatan dengan pelaksanaan surat keputusan Dirjen Pemasyarakatan yakni bersih-bersih narkoba dan ponsel, sekarang diadakan tes urin untuk pegawai lapas kelas II B Pati. Dengan kata lain dia harus melihat bahwa pegawai bersih dari pemakaian narkoba,” tegasnya didampingi jajaran struktural lapas.

Perihal hanya sebagian pegawai yang diharuskan menjalani tes urin, kata Irwan Silais pihak struktural lapas sendiri sudah benar-benar memastikan pegawai mana yang tidak menggunakan narkoba. Sehingga sisanya diharuskan menjalani tes urin di aula.

“Pegawai hampir 90 orang kita kurangi yang betul-betul yakin tidak memakai narkoba, jadi sekitar 35 orang yang kita tes urin,” imbuh Kalapas Kelas IIB Pati.

Pihak lapas sendiri mengaku giat tes urin bagi pegawai dilakukan rutin setiap tiga sampai enam bulan sekali. Tes urin tersebut juga tergantung dengan ketersediaan bahan yang digunakan yang berasal dari pusat.

“Pertama memang berkala tergantung dari ketersediaan stok bahan tes urin tersebut. Biasanya kita di drop dari Jakarta melalui kantor wilayah yang ada di Semarang. Nah perkara itu kadang 3 bulan sekali, nah kalau alat belum turun bisa sampai 6 bulan sekali,” papar Irwan Silais.

Bagi pegawai lapas yang teridentifikasi menggunakan narkoba, maka akan menjalani pembinaan berjenjang dari internal Lapas Kelas IIB Pati.

“Kita ada tahapan untuk membina pegawai, sepanjang itu tidak bersifat menjurus kepada kriminal apakah terkait dengan peredaran atau berhubungan dengan badan narkoba atau orang yang terlibat di luar, kita usahakan untuk pembinaan. Kecuali kalau sudah tidak bisa dibina itu memang kita laporkan sesuai peraturan,” pungkasnya.Nug


Lihat Juga Keindahan Gua pancur.
[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=ux2L3g0lJVI&feature=youtu.be
[/embedyt]

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close