Home Teknologi 2019, Pati Mulai Uji KIR Kendaraan Dengan Smart Card

2019, Pati Mulai Uji KIR Kendaraan Dengan Smart Card

SHARE
Uji KIR Kendaraan
Istimewa/Wartapati. Petugas Dishub Pati saat usulkan program Uji Kir kendaraan bermotor manual beralih ke kartu pintar (Smart Card).

Wartapati.com PATI – Dinas Perhubungan (Dishub) Pati mulai godog Perda uji kendaraan bermotor (KIR) agar bisa beralih dari cara manual menggunakan buku berganti ke kartu cerdas (Smart Card). Diwacanakan program KIR itu bisa dimulai awal tahun 2019 mendatang.

“Yang dipersiapan perda yang sudah ada kami revisi sekaligus perbub. Kemudian sarana dan prasarana cetak, online ke pusat kami peprsiapkan. Insyaalah perubahan anggaran akan kami sesuaikan,” kata Kepala Dishub Pati, Triharyama.

Baca juga: PNS Pati Ramai-ramai Beli Bawang Merah Petani Lokal

Program beralih ke Kartu Pintar yang sudah diusulkan Dishub ke kementrian ternyata baru pertama kali di Indonesia. Diikuti daerah lain seperti Kabupaten Sragen.

“Sementara ini belum ada yang berjalan, bahkan di Indonesia. Katanya Kalimantan sebatas wacana seperti yang kami lakukan. DKI saja belum. Jateng baru Sragen dan Pati,” imbuh Kadishub.

Smart Card Untuk KIR
Istimewa/Wartapati. Petugas Dishub Pati saat usulkan program Uji Kir kendaraan bermotor manual beralih ke kartu pintar (Smart Card).

Petugas uji kir manual dipersiapkan mengikuti pembekalan ke provinsi guna menguasai teknis uji kendaraan berbasis Smart Card.

Baca juga: Pertanian Pati Kalah Dengan Luar Negeri, Ini alasannya

Program tersebut diusulkan Dishub Pati pada minggu lalu dan mendapat respon positif dari kementrian. Untuk sementra  ini, pihaknya tetap melakukan pelayanan uji kir seperti biasa menggunakan buku.

“Memakai buku kir setiap kali saya tandatangani, asli sesuai dengan peruntukannya. Masyarakat berhak menolak tawaran pungli dari oknum petugas uji kir” katanya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.