Home Info Pati 100 Persen Desa Di Pati Berhasil Terapkan Sistem Kelola Keuangan Desa

100 Persen Desa Di Pati Berhasil Terapkan Sistem Kelola Keuangan Desa

SHARE
Siskeudes di Pati, Desa Di Pati
nug/Wartapati. Evaluasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes pengelolaan keuangan dan pembangaunan desa yang partisipatif, transaparan dan akuntabel di ruang rapat paripurna DPRD Pati, Selasa (10/7/2018).

wartapati.com Pati – Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng mengapresiasi semua desa di Kabupaten Pati atas penerapan aplikasi Sistem Kelola Keuangan Desa (Siskeudes). Bahkan, dalam implementasinya  setiap desa sudah bisa menyusun ikhtisar laporan keuangan desa.

“Se-Jawa Tengah, menurut catatan kami, sudah sekitar 90% menggunakan aplikasi Siskeudes ini. Dan Alhamdulillah, khusus untuk Kabupaten Pati yang sudah kita laksanakan ini, sudah 100%. Bahkan Pati ini sudah bisa mengkompilasi sebagai lampiran LKPD yang diperiksa BPK,” jelas Kepala Perwakilan BPKP Jawa Tengah, Samono saat evaluasi di ruang rapat paripurna DPRD Pati, Selasa (10/7/2018).

Aplikasi yang dikembangkan bersama Kemendagri merupakan itu upaya mengawal kebijakan Pemerintah terkait dana desa dan alokasi dana desa. Salah satunya,memberikan bantuan melalui pengembangan aplikasi untuk akuntabilitas dan transparansinya.

Apresiasi kepada semua desa di Pati  juga dilontarkan Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Tengah Hery Subowo. Pihaknya mendorong penerapan aplikasi ini. Pasalnya dirasa meningkatkan akuntabilitas tingkat desa hingga kabupaten/kota.

“Mereka yang menggunakan Siskeudes. Dari laporan keuangan itu diikhtisarkan dilampirkan dalam laporan keuangan Pemkab Pati yang diperiksa setiap tahunnya,” katanya.

BPKP Perwakilan Jawa Tengah masih mengawasi penyelenggaraannya, terutama tingkat kepatuhan desa dalam penerapan aplikasi itu. Untuk ukuran Jawa Tengah, belum semuanya daerah menerapkan Siskeudes guna pengelolaan keuangan desa yang akuntabilitas dan transparan. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.